Kuliner Jawa Timuran: Edisi Surabaya dan Malang

Jawa Timur memang salah satu daerah di Indonesia yang juga terkenal dengan kulinernya. Soto Lamongan, Rawon, Sate Madura dan lain-lain merupakan sebagian kecil kuliner yang terkenal berasal dari Jawa Timur. Beberapa hari lalu kebetulan saya sedang berlibur di Surabaya dan Malang dan di tulisan inilah saya ingin berbagi apa saja kuliner yang saya rekomendasikan selama 3 hari di Surabaya dan Malang! Selamat mencoba!

1. Soto Lamongan Cak Har

Siapa yang belum pernah merasakan Soto Lamongan? Salah satu warung Soto Lamongan yang terkenal dan sangat ramai dikunjungi di Surabaya adalah Soto Lamongan Cak Har yang ada di Jl. Ir. Soekarno (Merr). Soto Lamongan Cak Har ini sendiri ada di beberapa tempat. Soto Lamongan Cak Har ini sendiri berisi nasi, suwiran ayam, soto dan mihun. Salah satu yang membedakan Soto Lamongan dengan yang lain adalah adanya taburan koya di atasnya. Soto Cak Har sudah buka dari pagi dan bisa kamu nikmati sampai malam. Harga seporsinya adalah 19 ribu rupiah dengan termasuk nasi putih.

Tak cuma Soto Lamongan saja yang bisa kamu nikmati di sini. Kalau persediaannya masih ada, kamu juga bisa memesan balungan ayam hangat, bagi yang suka “krikiti” ayam. Porsi balungan ini kemudian disesuaikan dengan berapa orang dalam 1 meja dan harganya gratis.


—————

—————

2. Es Krim Zangrandi

Salah satu es krim yang legenda di Surabaya adalah Es Krim Zangrandi. Sudah ada sejak tahun 1930, Es Krim Zangrandi ini dari dulu sampai sekarang berada di seberang Balai Pemuda Surabaya dan laris oleh sosialita Belanda untuk nongkrong maupun berdansa. Dengan mempertahankan konsep tersebut, didukung dengan bangunan yang masih mempertahankan suasana tempo dulu, Zangrandi ini awet ramainya sampai sekarang. Menu yang cukup direkomendasikan di sini adalah Tuty Fruty, sayang sekali saya belum berkesempatan mencoba menu ini dan malah mencoba Banana Split dan Blueberry Cheese Cakenya. Ternyata kedua menu ini sangat enak dan membuat saya ingin kembali lagi ketika sedang main ke Surabaya. Lokasinya ada di Jl. Yos Sudarso, Embong.

Banana Split

—————

—————

3. Rawon Setan

Berkunjung ke Surabaya, Rawon Setan adalah salah satu kuliner legenda di Surabaya yang harus kamu coba. Rawon itu semacam soto namun dengan kuah pekat yang terbuat dari bahan kluwak. Rawon ini sendiri menggunakan daging sapi. Rawon Setan buka 24 jam dan terletak di tempat yang strategis yaitu di Jl. Embong. Nikmatnya Rawon Setan ini ketika disantap bersama dengan jeroan paru dan es beras kencurnya yang terkenal. Rawon Setan ini dulunya hanya berjualan emperan, namun sekarang sudah menjadi sebuah outlet yang bisa memuat 20-40 orang.

Rawon Setan dan Jeroan

—————

—————

4. Depot Bu Rudy

Siapa yang tak kenal dengan Sambel Bawang Bu Rudy yang biasa dijadikan oleh-oleh ketika seseorang mengunjungi Surabaya?  Selain menjadi pusat oleh-oleh, Depot Bu Rudy juga menyediakan aneka makanan siap santap seperti Nasi Empal Udang hingga Nasi Bakar. Rasanya memang patut diacungi jempol karena bumbunya yang pas dan taste pedasnya yang mendukung. By the way, Nasi Bakar di Depot Bu Rudy ini memang salah satu menu barunya. Ternyata memang menu barunya tak kalah nikmat dengan menu lamanya, jadi silahkan dicoba ya.

Nasi Empal Telor

 

Nasi Bakar Ayam

—————-

—————-

5. Bakso President dekat Rel Kereta

Mlipir sedikit dari Surabaya, kita mampir ke Malang. Malang itu selain terkenal karena apelnya, juga terkenal karena baksonya. Bakso Malang yang enak salah satunya adalah di Bakso President. Salah satu spot Bakso President yang otentik adalah di Rampal Celaket, yang terkenal berada di pinggir Rel Kereta persis. Bakso ini memang salah satu bakso otentik yang legenda di Malang. Tersedia bakso kecil, bakso urat, bakso besar hingga bakso bakar yang perlu kamu coba. Mungkin bisa digabungkan juga dengan menu jeroannya. Sabar saja ya kalau melihat antrian yang ada di Bakso President ini, karena memang tempatnya sangat ramai.

Bakso Komplit Plus Bakso Bakar

 

—————-

—————-

6. Pos Ketan Legenda

Penasaran dengan kuliner di Batu, saya akhirnya memutuskan untuk mengunjungi salah satu spot kuliner yang terkenal di Batu. Siapa yang pernah ke sini? Antriannya juga bikin kita menjadi orang yang sangat sabar dan tawakal. Pasalnya Pos Ketan Legenda ini memang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan luar kota. Pos Ketan ini sudah ada dari tahun 1967 dan bertempat di dekat Alun Alun Kota Batu. Menu yang harus kamu coba di sini adalah Ketan Durian dan Ketan Susu Mesesnya. Enak banget apalagi ketika langsung disantap selagi hangat-hangatnya.

Ketan Susu Meses

 

Ketan Susu Durian

—————

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest